Minggu, 02 Desember 2007

Makanan Khas

Di Teluk Kuantan banyak terdapat berbagai macam masakan dan makanan khas yang mempunyai cita rasa tersendiri. di teluk Kuantan juga terdapat berbagai macam makanan-makanan ringan yang bisa dijadikan oleh-oleh jika kita berkunjung ke Teluk Kuantan.
Berbagai macam yang khas dari Teluk Kuantan diantaranya yaitu, Galamai yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur dengan gula enau, bentuknya hampir sama dengan dodol tetapi gelamai ini berminyak dan biasanya dibungkus dengan daun pisang yang sudah kering (kerisik) atau bisa juga dengan daun pandan yang sudah dianyam terlebih dahulu. ada juga makanan yang bernama gajik yyang terbuat dari beras ketan dan di masak dengan gula enau (gula aren) . Bajik ini ada dua macam, yang satunya lagi disebut dengan bajik lopuar.bajik jenis ini juga terbuat dari beras ketan, tetapi bedanya dengan bajik hanya bajik lopuar ini dimasak dengan gula pasir, dan berwarna putih dan kering.
Ada juga makanan yang bernama lemang. yaitu makanan yang juga terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan dimasukkan ke dalam bambu dan kemudian dibakar, dan masih banyak makanan-makanan yang lainnya yang bisa ditemukan di teluk Kuantan.
Di Teluk Kuantan juga terdapat berbagai masakan khas tradisional, diantaranya yaitu konji barayak yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan gula kelapa. konji ini biasanya selalu disajikan dalam upacara-upacara adat untuk menjamu para undangan dan pemuka adat.
Ada jaga masakan yang berbentuk gulai yang disajikan sebagai lauk, yaitu gulai nangka, gulai rebung, gulai siput, gulai cangkok, dan masih banyak lagi yang lainnya.ada jagu masakan lainnya seperti rendang.berbagai macam masakan ini biasanya dihidangkan pada kenduri atau perhelatan di Teluk Kuantan.
Jika anda berkunjung ke Teluk Kuantan, anda bisa mencicipi berbagai macam makanan dan masakan khas yang ada di Teluk Kuantan, anda pasti ketagihan atas cita raya yang nikmat.